Selasa, September 11, 2007

Tips mengakali rante keteng


Bunyi “tek…tek…tek” mesin di silinder sebelah kiri pada umumnya disebabkan oleh rante keteng/kamprat yg sudah terlalu panjang dan membentur dinding mesin sehingga menimbulkan bunyi tek-tek berkepanjangan. Biasanya, gejala ini bisa didengar sewaktu kondisi mesin masih dingin dimana sirkulasi oli belum sempurna ke seluruh mesin, tapi lama kelamaan bunyi ini bisa didengar dalam kondisi mesin dingin dan panas. Apabila kejadian ini dibiarkan, lambat laun akan merusak dinding mesin dan akan berpengaruh terhadap performa mesin itu sendiri. Ops…tunggu dulu, bunyi tersebut juga masih bisa diatasi dengan mengakali / mengganti LAT yang baru.


Sebelum melakukan penggantian rante keteng ada baiknya melakukan pengetesan terlebih dahulu, apakah betul rante ketengnya yang sudah kendor atau mungkin LAT (stationary) nya yang sudah minta ganti. Langkah-langkahnya meliputi:

1. Buka kedua baut delapan yang memegang pada dynamo starter.
2. Lepaskan dynamo tersebut dengan cara menekan ke belakang.
3. Buka baut peutup LAT dengan menggunakan obeng plus (+).
4. Cek dulu mekanisme kerja baut penekan pada LAT menggunakan obeng min (—) dengan cara menyetel penekan pada posisi terdalam (maksimum) berlawanan dengan arah jarum jam.
5. Pasang kembali baut penutup LAT, lalu kencangkan
6. Pasang kembali dynamo starternya.
7. Hidupkan mesin. Apabila bunyi tek…tek…tek nya masih belum hilang ini berarti rante ketengnya yang harus diganti.

Tips mengganti rante keteng

Langkah-langkah yang harus ditempuh sebelum mengganti rante keteng, terlebih dahulu harus mempersiapkan toolkit yang diperlukan dan part yang akan diganti. Adapun langkah-langkahnya:

1. Buka kedua baut delapan yang memegang pada dynamo starter.
2. Lepaskan dynamo tersebut dengan cara menekan ke belakang.
3. Buka kedua baut LAT dengan menggunakan kunci L ukuran 5, lalu lepaskan dari dinding mesin.
4. Buka kedua baut penutup rantai keteng dengan menggunakan kunci 8 dan lepaskan penutupnya. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, sebaiknya dicari dulu posisi TOP nya.
5. Buka kedua baut pada gir rante keteng.
6. Buka semua baut pada blok mesin sebelah kiri.
7. Buka magnet mesin dengan mengunakan treker.
8. Lepaskan rante keteng dari tempatnya semula dan ganti dengan yang baru.
9. Pasangkan kembali magnet ketempatnya semula.
10. Tutup kembali blok mesin, seluruh baut jangan lupa dikencangkan.
12. Pasang kembali semuanya seperti semula dan coba hidupkan mesin.

Sekarang suara motor anda akan lebih enak didengar dan tenaganyapun mantab…

1 komentar:

Tegar Danang mengatakan...

brother....klo mw ganti gear ketengnya gmn..?? apa mesti belah mesin...?? klo ga usah apa bisa dibka pake treker..??? tlg ksih saran wt ane yang lagi kebingungan... :(