Kamis, Desember 27, 2007

Tips Pencurian Motor

Kebanyakan maling motor saat ini tidak tertarik untuk menikmati jalan-jalan dengan motor anda yang telah dicurinya, mereka hanya ingin mencari duit dengan motor curian tersebut seaman dan secepat mungkin mereka bisa. Beberapa dari maling tersebut bahkan bekerja sendirian dengan hanya bermodalkan sebuah kunci T yang harganya hanya beberpa ribu rupiah untuk merusak kunci stater motor anda.

Setelah itu mereka tinggal menyalakan kunci kontak motor anda dengan menggunakan alat yang sama dan menekan tombol stater lalu kabur dengan enaknya. Mereka mungkin menjual hasil curiannya kepada penadah yang lebih besar untuk nantinya di jual ulang atau dipretelin dan dijual part-partnya. Tapi maling macam ini bisanya sangat mudah mengurungkan niatnya apabila melihat ada alat-alat pengaman yang nyantol di motor targetnya seperti kunci diskbrake, kunci palang garpu, dan alaram otomoatis yang bisa mematikan mesin motor seketika. Karena mereka harus mengakali alat-alat pengaman seperti ini ditempat kejadian yaitu tempat dimana motor anda diparkir. Hal ini menurut mereka sangatlah memakan waktu, jadi mereka lebih berpikir untuk mencari mangsa yang lain yang lebih mudah dari pada akan tertangkap basah karena hal-hal tersebut.

Ada lagi modus operandi yang lain, yaitu mereka bekerja berkelompok dengan menggunakan mobil truk atau mobil box. Motor yang akan dicuri mereka intai terlebih dahulu dan ketika dirasa aman maka dengan sigap beberapa maling tsb turun dari mobil, mengangkat motor anda yang terkuci dan memasukkannya ke mobil mereka dengan cepat. Hanya dibutuhkan kira-kira 1 menit saja untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, cara terbaik untuk menghindari pencurian semacam ini adalah mengunci motor anda kepada benda-benda solid yang tidak gampang dilepas atau dipindahkan. Tambahkan juga alarm yang peka terhadap getaran agar bisa menarik perhatian orang lain yang berbunyi ketika mereka sedang berusaha memindahkan motor anda.

Maling-maling ini sangat akktif bekerja dan mereka biasanya lebih memilih beroperasi pada jam 6 sore keatas dimana kondisi lebih gelap, tapi tidak jarang pada siang bolong pun mereka tetap beroperasi asalkan kondisi saat itu sepi dan memungkinkan.

Berikut adalah tips-tips ringan yang diambil dari Motorcycle Safety Foundation (MSF) http://www.msf-usa.org :

1. Minimal Kunci stang motor dan simpan kuncinya. Banyak pencurian terjadi karena mesin hanya dimatikan tidak ditambah dengan kunci stang.

2. Kunci Garpu depan atau disk brake dengan pengaman yang besar, berwarna/bertulisan terang agar pencuri langsung waspada dan mengurangi niatnya.

3. Apabila berkendara dengan rombongan atau dengan beberapa motor, usahakan menguncinya disatukan bila sedang parkir.

4. Apabila anda berkendara sendirian, usahakan mengunci motor anda kepada objek-objek yang susah untuk dilepas atau dipindahkan seperti misalnya lampu jalan, tiang listrik dll.

5. Apabila anda berkendara jauh dan harus menginap disebuah penginapan atau hotel, parkirlah kendaraan anda yang bisa terlihat oleh kamera pengawas atau kalau tidak memungkinkan parkirlah sedekat mungkin dengan kamar anda.

6. Sering-seringlah mengecek kendaraan anda apabila sedang parkir di suatu acara keramaian dan yang lebih penting adalah segeralah mengecek kendaraan beberapa saat setelah anda pergi untuk memastikan bahwa tidak ada maling yang sedang mengincar motor anda.

7. Apabila anda memarkir motor anda di garasi, parkirlah motor anda dibagian paling dalam garasi sesudah mobil anda agar motor tidak bisa dikeluarkan tanpa mengeluarkan mobil terlebih dahulu dan pastikan garasi anda terkunci.

8. Jangan taruh BPKB/STNK/SIM atau KTP anda di bagasi, tangki atau tempat-tempat penyimpanan lainnya di motor anda. Simpanlah STNK/SIM/KTP di dompet anda dan BPKB tinggalkanlah di rumah anda saja. Itu lebih aman.

9. Buatlah tanda yang unik atau kalau memungkinkan fotolah terlebih dahulu motor anda agar apabila terjadi kecurian anda bisa memberikan foto tersebut kepada pihak yang berwajib.

10. Asuransikan motor anda segera, agar anda tidak rugi-rugi amat apabila kehilangan.

11. Hati-hatilah memberikan informasi pribadi anda seperti dimana anda tinggal, kerja atau tempat bermain anda.

12. Pasanglah alarm yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian keras agar maling meniggalkan niatnya ketika akan mencuri motor anda



Source: http://forum.detik.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus juga tips and blognya jika butuh software full gratis, download aja di blog saya!

Ditungguin ya! http://xsemua.blogspot.com