Senin, September 24, 2007

Dishub Awasi Mudik Bareng

Jakarta - Mudik bareng yang diadakan swasta kini menjadi perhatian khusus Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Sebab tahun lalu beberapa pihak penyelenggara mudik bareng menggunakan bus reguler.

Akibatnya bus reguler melayani trayek umum menjadi terbatas, meskipun di sisi lain, jumlah bus reguler yang digunakan untuk mudik bareng tidak banyak.

"Tahun lalu tidak ada koordinasi. Kali ini kami akan mengkoordinator mudik bareng swasta," tegas Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Bambang Suprihadi ketika dihubungi detiksurabaya.com, Jumat (21/9/2007).

Dishub tidak bermaksud melarang penggunaan bus reguler untuk mudik bareng tersebut. Hanya saja jika dikoordinasikan, bus reguler yang digunakan untuk mudik bareng akan dialihkan trayeknya.

Selain itu jika jumlah bus banyak bisa dibicarakan dengan pihak Perusahaan Otobus (PO) untuk dicarikan bus cadangan agar kebutuhan untuk masyarakat awam tidak terbengkalai. (stv/mar)

Copy paste: detikcom

Kamis, September 20, 2007

Perpanjang Masa Pakai Accu


Seiring dengan masa/usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi. Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.

Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita.
Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“. Saya mendapatkannya dengan harga 33ribu/kg.

Menurut pengalaman teman-teman dan referensi di Internet, khasiat Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali, dan jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4-5 tahun!
Tentunya ini adalah solusi murah, hemat dan tepat guna.

Mari ber-EDTA…
Kita persiapkan terlebih dahulu adalah:
1. Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) atau (EDTA Teknis)
2. Air Destilasi (Air Aquadest), saya menggunakan air accu botol BIRU. (bukan air accu zuur!)
3. Sendok Teh
4. Gelas
5. Battery Hydrometer
6. Lap untuk bersih-bersih.



Sebelum membuat ‘vitamin’, lihat dulu kira-kira seberapa banyak diperlukan untuk menambahkannya pada accu, sehingga tidak mubazir jika berlebih.

Pastikan komposisinya terjaga:
Untuk ritual perawatan rutin accu, Siapkan 2-3 sendok teh Na4-EDTA untuk 1 liter air Aquadest
Untuk accu yang sudah soak, siapkan 4-6 sendok teh Na-EDTA untuk 1 liter air Aquadest




Na4-EDTA harus diaduk larut dengan air accu, untuk itu agar mudah, pengadukan dilakukan di luar accu.



Setelah semua siap, mari kita mendekati accu yang akan kita kasih ‘vitamin’ ini.

Setiap lubang / cell, kita lihat kondisinya dengan Hydrometer, saya menemukan ukuran yang berbeda-beda untuk tiap cell.
Cell yang terlihat lebih dekat ke ‘merah’ memerlukan ‘vitamin’ lebih banyak ketimbang Cell yang sehat (hijau).
Tapi tiap Cell tetap perlu dituangkan ‘vitamin’ setiap bulannya agar deposit sulfat bisa dirontokkan, sehingga performa accu tetap prima.

Tentunya juga.. jika air accu kurang dari level yang dianjurkan, segera tambahkan juga dengan air accu berbotol BIRU.

Wah ternyata rekan saya ada yang accu motornya soak.
Ketika diukur, ternyata menunjukkan voltase dibawah 1 volt!

Nah segeralah accu basah motor ini di-EDTA kan..

Untuk accu yang soak, setelah ditambahkan ‘vitamin’ tersebut, memerlukan ReCharging (di charge ulang). Dan untuk perawatan bulanan, kendaraan digunakan seperti biasa saja.

Motor yang accu nya soak sedang di ReCharging… perlahan-lahan nilai voltase accu berangsur naik.

CATATAN:
Tips ini hanya untuk accu berjenis Accu Basah, dengan ciri-ciri ada baut untuk mengisi air accu pada tiap Cell nya. 6 baut Cell untuk accu 12volt, dan 3 baut Cell untuk accu 6volt.
Accu jenis MF (Maintenance Free) tidak dapat memanfaatkan tips ini, karena konstruksi MF tidak memungkinkan kita menambahkan air accu kecuali dengan cara khusus (misalnya dengan cara disuntik, dsb).
Accu jenis Gell atau Spiral Gel juga tidak dapat memanfaatkan tips ini.
Tidak semua accu basah yang soak bisa di’hidup’kan kembali karena beberapa sebab, antara lain korslet (short circuit) di dalam Cell, Cell sudah rusak parah, dsb.

Semoga bermanfaat, Salam hemat!

Informasi Toko penjual EDTA Teknis antara lain:
Harum Kimia - Kramat Raya 23A, Jakarta - 021.3900347
Harum Sari - Kramat Raya 103A, Jakarta - 021.3904824

Sumber: www.saft7.com

Busway di Pondok




DENGAN adanya rencana pembangunan busway koridor VIII di wilayah perumahan elit Pondok Indah, apakah tidak akan menambah kemacetan, ataukah memang sebaliknya?...

Kawasan Pondok Indah merupakan kawasan perumahan dan biar pun jalur yang akan dibangun itu adalah jalan raya tetapi jangan lupa bahwa kawasan itu adalah kawasan perumahan.

Kita semua pasti tahu apa yang terjadi dengan jalanan yang dilintasi oleh busway, pastinya semakin parah macetnya. Coba lihat saja jalan Jenderal Sudirman, atau jalan-jalan lain yang dilintasi atau terpotong oleh lintasan busway, semua menjadi macet dan macet.

Jalan TB. Simatupang adalah salah satu jalan akses utama menuju ke kawasan Pondok Indah. Setelah terpotong lintasan busway di Ragunan, jalan tersebut semakin menjadi macet. Itu terjadi karena terkena imbas kemacetan yang terjadi di jalan Raya Ragunan dan Mangga Besar (Pasar Minggu) yang sudah ada koridor busway-nya.

Dengan adanya pembangunan busway ini tentu saja ada yang diuntungkan dan ada juga yang dirugikan. Kenapa begitu… itulah hukum sebab akibat. Sebagian masyarakat menjadi tertolong dengan adanya busway. Tapi, bagaimana dengan masyarakat sebagian lagi…?

Rabu, September 19, 2007

Tiket Pesawat


Tiket Pesawat H-7 hingga H+7 Sudah Laku 80%

Jakarta - Tiket pesawat H-7 hingga H+7 Lebaran sudah terjual rata-rata 80 persen. Persentase itu berlaku untuk reguler maupun tambahan.

Seperti maskapai plat merah Garuda. Kursi tambahan yang disediakan sebanyak 29.475 kursi sudah terjual 80 hingga 85 persen.

Tambahan kursi Garuda itu sebagian memang untuk tujuan wisata. Penambahan kursi untuk 9 rute penerbangan, 4 di antaranya rute domestik dan sisanya rute internasional.

Untuk rute domestik adalah Jakarta menuju Padang, Solo, Yogyakarta, dan Denpasar. Sedangkan untuk rute internasional adalah Jakarta menuju Singapura, Hong Kong, Kuala Lumpur, Shanghai, dan Guangzhou.

Sedangkan untuk rute Jakarta menuju Surabaya, Ujung Pandang, Medan, dan Balikpapan, Garuda masih bisa melayani dengan penerbangan reguler.

"Untuk Jakarta-Surabaya saja ada 14 flight tiap hari. Tapi nanti kalau dibutuhkan, kita punya Tim
Pelaksana dan Pemantau Pelayanan Penumpang (TP-4), yang melakukan flexible response, termasuk penambahan penerbangan," kata dia.

Sumber: detikcom

Senin, September 17, 2007

Info Tiket Kereta Api Mudik 2007



Sabtu, 15 September 2007 kemarin saya jalan-jalan ke strasiun Gambir dan ngabuburit disana. Sambil menunggu waktu buka puasa, saya iseng ngecek harga penjualan tiket kereta pada hari itu. Ternyata tiket untuk pemberangkatan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur ternyata sudah habis terjual.

Tapi jangan khawatir dahulu, bagi saudara yang ingin mudik dengan menggunakan jasa kereta api, PT kereta Api (KA) pada Rabu mendatang (19/09) akan membuka kembali penjualan tiket tambahan dengan tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk keberangkatan pada H-2.

Penjualan tiket tambahan ini dilakukan agar seluruh penumpang mudik lebaran dapat terlayani. Adapun tiket tambahan yang akan dijual adalah:
1. KA Eksekutif Argo Anggrek Lebaran I dan II dengan tujuan Surabaya dengan kapasitas tempat duduk 400 kursi.
2. KA Eksekutif Purwojaya dengan tujuan Purworejo yang diberangkatkan pada jam 10.20 wib dengan kapasitas tempat duduk 500 kursi.
3. KA Argolawu Lebaran II dengan tujuan Solo dengan kapasitas tempat duduk 400 kursi.

Menurut bapak Sujadi Kepala Humas – Daops I, sebelumnya PT KA telah menjual 2.170 tiket tambahan untuk 5 KA Eksekutif dan Bisnis, yaitu:
1. KA Argolawu Lebaran dengan tujuan Solo.
2. KA Sawunggalih Lebaran dengan tujuan Kutoarjo.
3. KA Gajayana Lebaran dengan tujuan Malang.
4. KA Senja Utama Yogyakarta dengan tujuan Yogyakarta.
5. KA Gumarangn dengan tujuan Surabaya.

Untuk tiket KA tambahan yang masih tersedia yaitu KA Gajayana sebanyak 300 tempat duduk dengan keberangkatan pada tgl 8 Oktober mendatang. Sementara untuk 10-12 Oktober mendatang tiket ludes terjual. Sementara untuk KA Argolawu Lebaran, sisa tiket yang masih tersedia untuk keberangkatan tgl 12 Oktober mendatang sebanyak 200 kursi dan tiket untuk keberangkatan pada 10-11 Oktober sudah ludes terjual.

Seperti biasa, menjelang lebaran selalu terjadi kenaikan harga tiket, seperti tiket KA Argolawu yang dijual dengan harga RP.350rb, KA Argo Anggrek I dan II dijual dengan harga RP.390rb, sedangkan untuk kelas bisnis, KA Purwojaya, tiket dijual dengan harga Rp. 110Rb dan Rp.160rb untuk kelas eksekutif. Kenaikan harga tiket ini sesuai dengan ketentuan yang sudah ditentukan.

Sumber foto: Yulian Firdaus

Rabu, September 12, 2007

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1428 H



Ibadah puasa bagi umat muslim merupakan salah satu dari rukum islam yang ke empat. Dimana datangnya bulan ini disambut oleh kaum muslim se penjuru dunia. Selain menahan rasa haus dan lapat, ibadah puasa juga menahan segala hawa napsu yang berbau negatif. Marilah kita sambut datangnya bulan yang penuh rahmat ini dengan hati gembira dan berbanyaklah berdo’a. Doa memberi pengharapan dan menambah keyakinan seorang hamba terhadap penciptanya. Doa juga menyedarkan manusia betapa kerdil dan lemah manusia terhadap perancangan Allah.

Manusia yang banyak berdoa kepada Allah bukan saja akan akur pada ketentuan Allah tetapi berkeyakinan bahawa Allah memakbulkan permintaannya bahkan apa yang telah ditentukan Allah adalah yang terbaik untuk dirinya.

Dalam ayat 186 Surah Al-Baqarah yang bermaksud: ''Apabila hambaKu bertanya tentang Aku katakan (wahai Muhammad) bahwa Aku dekat dan Aku menyampaikan doa orang yang meminta kepada Ku.''

Allah menjanjikan bahwa setiap yang meminta pasti akan dimakbulkan permintaannya. Ini bermakna Allah akan mengotakan janji-Nya. Apa yang dihajati oleh orang yang berdoa tadi akan ditunaikan tetapi menurut cara Allah dan perancangan-Nya bukan perancangan manusia. Kadang-kadang perancangan Allah sama dengan perancangan orang yang meminta kadang-kadang berbeda. Apa pun yang pasti doanya termakbul dan Allah memberi pilihan yang terbaik untuk manusia itu.

Ibadat puasa bukan saja menggandakan pahala untuk orang yang taat melakukannya tetapi ia menambah kekuatan spiritual melalui sifat ikhlas. Amalan puasa adalah antara manusia dengan Allah. Jika kita makan atau minum dengan diam-diam mungkin tiada siapa yang melihat cuma Allah saja yang tahu. Dengan ini puasa menanam sifat jujur dalam diri sendiri dan kepada Allah. Apabila kita membiasakan diri dengan ikhlas, kita bertambah yakin dengan segala tindak-tanduk kita. Kerana pentingnya sifat ikhlas ini Allah s.w.t. sendiri yang akan membatas pahala orang yang berpuasa.

Maafin Aku yach...

Kenapa fenomena saling bermaaf-maafan itu selalu terjadi menjelang ramadhan dan saat lebaran saja?, kenapa tidak dilakukan setiap hari dan setiap waktu?...

Fenomena itulah yang sering membuat gw bingung….Memang betul, gw juga tidak bisa memungkiri bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik dan mulia. Akan tetapi, alangkah baiknya apabila kegiatan ini dilakukan setiap hari ataupun setiap waktu setelah sebelumnya melakukan bermacam kegiatan.

Kita semua terlahir sebagai orang biasa yang tak pernah luput dari kesalahan dan dosa, karena kita bukan seorang Nabi ataupun malaikat.

Marilah kita saling melakukan kegiatan semacam ini tidak hanya dibeberapa hari menjelang Ramadhan dan saat Lebaran saja melainkan kita lakukan secara terus menerus setiap hari setelah kita melakukan kegiatan rutinitas.

Khutbah Rasulullah Menyambut Ramadhan

Selain memerintah shaum, dalam menyambut menjelang bulan Ramadhan, Rasulullah selalu memberikan beberapa nasehat dan pesan-pesan. Inilah ‘azimat’ Nabi tatkala memasuki Ramadhan.

Wahai manusia! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia disisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama.

Inilah bulan ketika kamu diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-NYA. Di bulan ini nafas-nafasmu menjadi tasbih, tidurmu ibadah, amal-amalmu diterima dan doa-doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah Rabbmu dengan niat yang tulus dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan shiyam dan membaca Kitab-Nya.

Celakalah orang yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini. Kenanglah dengan rasa lapar dan hausmu di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang tuamu, sayangilah yang muda, sambungkanlah tali persaudaraanmu, jaga lidahmu, tahan pandanganmu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya dan pendengaranmu dari apa yang tidak halal kamu mendengarnya. Kasihilah anak-anak yatim, niscaya dikasihi manusia anak-anak yatimmu. Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih; Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya.

Wahai manusia! Sesungguhnya diri-dirimu tergadai karena amal-amalmu, maka bebaskanlah dengan istighfar. Punggung-punggungmu berat karena beban (dosa) mu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu.

Ketahuilah! Allah ta’ala bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan mengazab orang-orang yang shalat dan sujud, dan tidak akan mengancam mereka dengan neraka pada hari manusia berdiri di hadapan Rabb al-alamin.

Wahai manusia! Barang siapa di antaramu memberi buka kepada orang-orang mukmin yang berpuasa di bulan ini, maka di sisi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa-dosa yang lalu. (Sahabat-sahabat lain bertanya: “Ya Rasulullah! Tidaklah kami semua mampu berbuat demikian.”

Rasulullah meneruskan: “Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan sebiji kurma. Jagalah dirimu dari api neraka walaupun hanya dengan seteguk air.”

Wahai manusia! Siapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini ia akan berhasil melewati sirathol mustaqim pada hari ketika kai-kaki tergelincir. Siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini, Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari kiamat. Barangsiapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakanya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa menyambungkan tali persaudaraan (silaturahmi) di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barang siapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan shalat fardu baginya ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardu di bulan lain. Barangsiapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa di bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Quran pada bulan-bulan yang lain.

Wahai manusia! Sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupkannya bagimu. Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu. Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu. Amirul mukminin k.w. berkata: “Aku berdiri dan berkata: “Ya Rasulullah! Apa amal yang paling utama di bulan ini?” Jawab Nabi: “Ya Abal Hasan! Amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah”.

Wahai manusia! sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan, yaitu bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan; bulan yang Allah telah menjadikan puasanya suatu fardhu, dan qiyam di malam harinya suatu tathawwu’.”

“Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan di dalamnya, samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardhu di dalam bulan yang lain.”

“Ramadhan itu adalah bulan sabar, sedangkan sabar itu adalah pahalanya surga. Ramadhan itu adalah bulan memberi pertolongan ( syahrul muwasah ) dan bulan Allah memberikan rizqi kepada mukmin di dalamnya.”

“Barangsiapa memberikan makanan berbuka seseorang yang berpuasa, adalah yang demikian itu merupakan pengampunan bagi dosanya dan kemerdekaan dirinya dari neraka. Orang yang memberikan makanan itu memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tanpa sedikitpun berkurang.”

Para sahabat berkata, “Ya Rasulullah, tidaklah semua kami memiliki makanan berbuka puasa untuk orang lain yang berpuasa. Maka bersabdalah Rasulullah saw, “Allah memberikan pahala kepada orang yang memberi sebutir kurma, atau seteguk air, atau sehirup susu.”

“Dialah bulan yang permulaannya rahmat, pertengahannya ampunan dan akhirnya pembebasan dari neraka. Barangsiapa meringankan beban dari budak sahaya (termasuk di sini para pembantu rumah) niscaya Allah mengampuni dosanya dan memerdekakannya dari neraka.”

“Oleh karena itu banyakkanlah yang empat perkara di bulan Ramadhan; dua perkara untuk mendatangkan keridhaan Tuhanmu, dan dua perkara lagi kamu sangat menghajatinya.”

“Dua perkara yang pertama ialah mengakui dengan sesungguhnya bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan mohon ampun kepada-Nya . Dua perkara yang kamu sangat memerlukannya ialah mohon surga dan perlindungan dari neraka.”

“Barangsiapa memberi minum kepada orang yang berbuka puasa, niscaya Allah memberi minum kepadanya dari air kolam-Ku dengan suatu minuman yang dia tidak merasakan haus lagi sesudahnya, sehingga dia masuk ke dalam surga.” (HR. Ibnu Huzaimah).

Artikel ini sangat berguna buat gw
sumber: Hidayatullah.com

Selasa, September 11, 2007

Tips mengakali rante keteng


Bunyi “tek…tek…tek” mesin di silinder sebelah kiri pada umumnya disebabkan oleh rante keteng/kamprat yg sudah terlalu panjang dan membentur dinding mesin sehingga menimbulkan bunyi tek-tek berkepanjangan. Biasanya, gejala ini bisa didengar sewaktu kondisi mesin masih dingin dimana sirkulasi oli belum sempurna ke seluruh mesin, tapi lama kelamaan bunyi ini bisa didengar dalam kondisi mesin dingin dan panas. Apabila kejadian ini dibiarkan, lambat laun akan merusak dinding mesin dan akan berpengaruh terhadap performa mesin itu sendiri. Ops…tunggu dulu, bunyi tersebut juga masih bisa diatasi dengan mengakali / mengganti LAT yang baru.


Sebelum melakukan penggantian rante keteng ada baiknya melakukan pengetesan terlebih dahulu, apakah betul rante ketengnya yang sudah kendor atau mungkin LAT (stationary) nya yang sudah minta ganti. Langkah-langkahnya meliputi:

1. Buka kedua baut delapan yang memegang pada dynamo starter.
2. Lepaskan dynamo tersebut dengan cara menekan ke belakang.
3. Buka baut peutup LAT dengan menggunakan obeng plus (+).
4. Cek dulu mekanisme kerja baut penekan pada LAT menggunakan obeng min (—) dengan cara menyetel penekan pada posisi terdalam (maksimum) berlawanan dengan arah jarum jam.
5. Pasang kembali baut penutup LAT, lalu kencangkan
6. Pasang kembali dynamo starternya.
7. Hidupkan mesin. Apabila bunyi tek…tek…tek nya masih belum hilang ini berarti rante ketengnya yang harus diganti.

Tips mengganti rante keteng

Langkah-langkah yang harus ditempuh sebelum mengganti rante keteng, terlebih dahulu harus mempersiapkan toolkit yang diperlukan dan part yang akan diganti. Adapun langkah-langkahnya:

1. Buka kedua baut delapan yang memegang pada dynamo starter.
2. Lepaskan dynamo tersebut dengan cara menekan ke belakang.
3. Buka kedua baut LAT dengan menggunakan kunci L ukuran 5, lalu lepaskan dari dinding mesin.
4. Buka kedua baut penutup rantai keteng dengan menggunakan kunci 8 dan lepaskan penutupnya. Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, sebaiknya dicari dulu posisi TOP nya.
5. Buka kedua baut pada gir rante keteng.
6. Buka semua baut pada blok mesin sebelah kiri.
7. Buka magnet mesin dengan mengunakan treker.
8. Lepaskan rante keteng dari tempatnya semula dan ganti dengan yang baru.
9. Pasangkan kembali magnet ketempatnya semula.
10. Tutup kembali blok mesin, seluruh baut jangan lupa dikencangkan.
12. Pasang kembali semuanya seperti semula dan coba hidupkan mesin.

Sekarang suara motor anda akan lebih enak didengar dan tenaganyapun mantab…

Oli dan Kegunaannya


Seringnya para pengguna sepeda motor yang bergonta ganti oli ada baiknya memperhatikan jenis oli yang akan dipakai tersebut. Disaat akan mengganti oli mesin untuk sepeda motor dari jenis oli mineral ke jenis oli sintetik 100%, disarankan harus hati-hati. Alasannya, karakter yang dikandung pada pelumas sintetik amat licin.

Secara teori, penggunaan oli/pelumas yang lebih licin bisa mengurangi pergesekan yang keras pada komponen mesin yang bergerak. Dengan semakin licinnya oli/pelumas, kemampuan mengu¬ra¬ngi gesekan akan semakin baik. Ini sangat berpengaruh terhadap keawetan mesin itu sendiri dan BBM pun akan lebih hemat.

Pada sepeda motor, sistem kupling yang digunakan adalah kupling basah (wet clutch), karena berada di dalam mesin dan menjadi satu bagian dengan transmisi. Maka apabila mengisi oli yang full syntetic yang bukan untuk sepeda motor, ini bisa mengakibatkan plat kupling menjadi slip karena terlalu licinnya oli syntetic. Dampaknya, tenaga mesin akan berkurang karena cengkeraman antar plat kupling berkurang dan tenaga mesin menjadi berat padahal putaran rpm tinggi. Apabila kondisi seperti ini dibiarrkan terus, maka kupling akan terbakar. Berbeda dengan mobil, yang dipakai adalah system kupling kering (dry clutch).

Jadi untuk sepeda motor yang ingin memakai jenis oli syntetic, disarankan memakai oli syntetic untuk sepeda motor dengan kode "4 Stroke Syntetic Motorcycle Oil". Jenis oli ini dirancang dengan aditif khusus oleh pabrikan.

Senin, September 10, 2007

My History....

Aku terlahir sebagai anak pertama dengan rambut kuning dan kulit badan hitam dari lima bersaudara, empat laki-laki dan satu perempuan. Bapak berasal dari salah satu desa di Purbalingga sedangkan ibuku berasal dari salah satu desa di Semarang. Kehidupan kami sangat harmonis walau pun dengan pendapatan bapak yang pas-pasan. So…aku adalah keturunan Jawa tulen.

Aku lahir di desa dimana tempat ibuku dilahirkan. Semenjak balita aku dan adik perempuanku di bawa pergi merantau ke Jakarta oleh kedua orang tuanku. Menginjak umur lima tahun aku mulai mengenal apa itu sekolah. Aku sekolah di salah satu Taman Kanak-Kanak di Jakarta. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari tempat tinggalku.

Setahun aku sekolah di sana. Begitu wisuda aku dan adik peremuanku di bawa pindah ke Semarang oleh ibuku, untuk melanjutkan ke Sekolah Dasar di sana. Kami tinggal dekat dengan rumah mbah putri (nenek) Sementara bapakku masih di Jakarta, karena tempat kerjanya di Jakarta.

Di Semarang, akau didaftarkan sekolah di Sekolah Dasar Negeri yang ada di kampungku. Memasuki hari-hari pertama aku masuk sekolah kelas 1, aku sering mendapat ejekan dari beberapa temenku. Pada saat itu mereka sering menyebutku londo ireng (belanda hitam), —memeng betul—, rambutku kuning dan kulit hitam.
Aku sekolah SD di Semarang tidak lama —kelas 1 SD sampai dengan kelas 2 SD, kelas 3 SD aku pindah sekolah ke daerah Purbalingga.

Sebagai murid baru, pada waktu itu aku sempet merasa bingung dengan bahasa sehari-hari yang dipakai (bahasa ngapak), beda dengan bahasa yang aku kenal dan mengerti. Selain itu peraturan sekolah yang mengizinkan anak didiknya tidak memakai sepatu, karena didukung oleh situasi dan kondisi kampung yang pada saat itu memang belum berkembang, listrik belum ada dan jalanpun masih tanah merah campur dengan batu. Aku tinggal dan sekolah di Purbalingga terhitung lama, dari kelas 3 SD sampai kelas 2 SMP semester 1.

Maning-maning pindah…

Ya…itulah yang terjadi, kali ini aku pindah bukan ke Semarang melainkan ke Jakarta. Aku dan keluargaku pindah karena dipanggil bapakku untuk tinggal dan berkumpul di Jakarta. Setelah kami berkumpul, jadilah satu keluarga yang besar.

Melanjutkan sekolah di salah satu SMPN Jakarta…

Kembali lagi aku menjadi murid baru di sekolah. Sebagai murid baru, waktu itu aku masih sangat kuper dan minder…gimana engga, aku belom kenal dengan siapapun, belum lagi pola pendidikan yang berbeda dengan di daerah. Di awal hasil ulangan, nilaiku sempet hancur dan sangat mengecewakan. Walau demikian aku ga malu, pengalaman itu kujadikan spirit buat aku, akhirnya aku lulus SMP dengan nilai lumayan tinggi dan diterima di SLA Negeri di daerah Rawamangun. Dengan sangat menyesal aku mengurungkan niat untuk sekolah disana, karena pada saat itu aku belum tahu lokasinya.

Sekolah lanjutan atas
Daripada tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, akhirnya aku memutuskan untuk melanjutkan sekolah SLA di daerah Pasarminggu. Di hari pertama sekolah, aku mengikuti program penatara P4. Selama mengikuti program tersebut dimana salah satu programnya adalah baris berbaris, aku selalu ditugaskan sebagai kepala regu. Semua berawal dari kebandelanku, di saat upacara berlangsung, aku datang terlambat dan baju pun tidak rapi. Dari kejadian itulah aku pertama kalinya mendapat sanksi —dijemur di lapang —push up —lari keliling lapang sampai beberapa kali putaran.

Pelajaran baris berbaris kami dapatkan dari bapak-bapak TNI, bisa sibayangkan bagaimana kerasnya mereka mendidik, kami dianggap sebagai prajurit.

Seiring dengan berjalannya waktu, aku pun naik kelas 2, dan mulai kelas 2 inilah aku belajar berorganisasi. Aku mencalonkan diri untuk menjadi anggota OSIS dan terpilih sebagai Ketua OSIS. Selain menjadi ketua OSIS, aku juga sebagai ketua kelas (kelas 1 — kelas 3). Selama tiga tahun aku sekolah di SLA, dan dari sinilah wawasanku bertambah dari mulai berorganisasi sampai dengan hal yang lain.

Kuliah…

Lulus dari SLA aku melanjutkan kuliah di salah satu universitas di Jakarta Timur, dan berkecimpung di dalam organisasinya. Disinilah otakku terangsang untuk lebih berfikir tidak seperti masa-masa SLA sebelumnya yang penuh dengan guyon dan hura-hura. Selama empat tahun aku kuliah dan akhirnya wisuda.

Kamis, September 06, 2007

Garis Putih / Zebra Cross


Mohon perhatian para pengguna jalan raya. Perlu kami beritahukan sesuai dengan undang-undang nomor sekian / sekian sekian tentang lalu-lintas di Indonesia. Bahwa setiap pemakai jalan raya yang hendak melintasi zebra cross wajib mendahulukan pejalan kaki. Zebra Cross bukanlah alat pengamanan utama dan bukan merupakan hiasan semata, tetapi hanyalah alat bantu untuk mengamankan perjalanan pejalan kaki.

Untuk itu, berhati-hatilah setiap akan melewati jalan dengan zebra cross. dilokasi lain, masih banyak tempat penyeberangan jalan yang tidak berlampu dantidak bertangga. oleh sebab itu, patuhilah rambu-rambu lalu lintas yang ada. Dengan mematuhi peraturan lalu lintas, berarti anda telah berusaha menyelamatkan diri sendiri, keluarga, dan rekan-rekan anda dari bahaya kecelakaan.

Hingga saat ini, telah banyak korban meninggal dunia sia-sia, karena kelalaian dan ketidak disiplinan ketika menerobos zebra corss. Terima kasih atas kedisiplinan anda dalam berlalu lintas, semoga selamat sampai tujuan.

Cara Gampang Merawat Motor Honda

Cek Kondisi Oli

mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep.Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi Honda yaitu Oli Federal.

Cek Kondisi Aki

Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Panaskan Mesin 1 Menit

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

Periksa tekanan angin ban

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli Honda

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

Ok sobat selamat merawat motor Honda kesayangan, jika langkah-langkah tersebut dilakukan dengan benar, motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

Merawat Rantai Roda Sepeda Motor


Rantai roda / drive chain sangat penting peranannya dalam menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendaraan sehingga perlu sekali diperhatikan perawatannya.

Tapi anehnya, masih banyak para pemakai sepeda motor yang kurang memperhatikan dan mengabaikan tentang perlunya menjaga dan merawat rantai roda tersebut.

Tidak jarang para pemakai / pengendara menggerutu dan merasa kesal ketika tiba-tiba terdengar suara asing / berisik yang berasal dari rantai roda tersebut.

Berkaitan dengan itu, kami akan memberikan tips pemeriksaan untuk rantai roda/drive chain. Tips ini bisa Anda terapkan dalam merawat kerusakan dini atau gangguan pada rantai roda.

1. Kesesuaian rantai roda dengan sproket-nya.
Ini mutlak dipastikan guna mencegah ausnya grigi pada sproket dan roll dari rantai.

2. Kenormalan sambungan rantai.
Pin dan sambungan pada rantai pun harus diperiksa, apakah pemasangannya sudah benar atau terjadi perubahan posisi. Kalau terjadi kesalahan dalam pemasangan atau posisi klip/penguncinya berubah, itu dapat menyebabkan rantainya lepas dari sambungan. Itu bisa terjadi pada saat kecepatan tinggi atau bebannya berat.

3. Ukuran kekencangan pada rantai.
Mengingat jarak simpangan atau ukuran kekencangan akan berakibat pada kencang kendurnya rantai, maka simpangan atau jarak kekencangan harus diperhatikan pula (bisa dilihat stiker yang ada ditutup rantai roda).

4. Posisi pemasangan rantai dengan tutupnya.
Ini perlu pemeriksaan khusus guna memastikan bahwa antara rantai dengan tutup rantai tidak terjadi gesekan.

5. Pelumas rantai.
Hal ini perlu sekali dilakukan selain untuk mereduksi keausan rantai dan sproketnya karena adanya gesekan, juga pemberian pelumas ini dapat membuat umur rantai lebih lama. Perlu diperhatikan pula pelumas yang digunakan.

6. Pemeriksaan suara.
Ini penting untuk menghindari berbagai kemungkinan yang timbul akibat berputarnya rantai. Bila saat jalan terdengar suara abnormal berasal dari rantai, hendaknya dicermati dan dilakukan pemeriksaan dengan mencari penyebabnya. Untuk itu bisa saja hubungi ahass terdekat.

7. Kebersihan rantai.
Perawatan rantai agar tetap bersih perlu dilakukan pula. Ini penting karena bisa berpengaruh terhadap kekuatan rantai motor. Untuk itu hilangkanlah kotoran baik dari debu atau kotoran lainnya. Bila rantai motor dibiarkan tanpa terawat, itu tentu akan mempercepat keausan/rusak.

[ Tips Melumasi Rantai Roda]

Dalam merawat rante motor ternyata masih banyak yang salah kaprah. Biasanya rante diolesi pakai oli. Padahal rante dirancang sampai rusak tidak perlu titambah pelumas lagi. Kecuali untuk motor yang tidak dilengkapi dengan tutup rantai, itu harus dilumasi. Melumasi rante paling efektif 1 minggu dan hanya luarnya saja. Karena putaran rantai, oli nyiprat dan terbuang. Sehingga perlu diolesi lagi setiap minggu.

[Tips Melumasi Memakai Gemuk]

Untuk membuat gemuk bisa masuk ke dalam rol rante, langkah-langkah yang harus lakukan adalah:
1. Rebus gemuk hingga 100c sampai cair, pabrik rante biasanya menggunakan gemuk khusus dan pemanasannya sampai 200c
2. Gemuk cair harus bisa melewati celah yang kecil.
3. Kemudian rendam rante selama sepuluh menit biar cairan meresap di setiap celah.
4. Setelah direndam sebelum titik beku gemuk menggumpal, angkat rante lalu keringkan.
5. Setelah mengering rante siap dipasang dengan rol penuh gemuk.

[ Mendeteksi Speleng Cakram]

Speleng bukan cuma kejadian di ban depan ato belakang saja. Piringan cakram pasti kena karena putaran nggak benar. Di Pabrik biasa dideteksi dengan menggunakan dial-gauge. Untuk brow and sis yang tidak memiliki alat tersebut dapat menggunakan spidol. Caranya:
1. Coret garis vertikal, enggak usah banyak, cukup setengah keliling cakram. Supaya tidak repot, jarak garis bikin rapat saja.
2. Setelah dicoret, putar ban dengan tangan dan biarkan ban sampai berhenti.
3. lihat kondisi garis.
Putaran cakram normal kalau coretan terhapus, berarti terkena gesekan kampas rem. Bila masih ada garis yang tebel, maka putaran cakram tidak normal.
4. Kemudian cek apakah penyebab cakram speleng, mungkin baut cakram atau kaliper yang bermasalah.

Tips ini semoga membantu....

Motorku Sayang Motorku Malang

Rabu malam itu ± pukul 21.15 wib badan gw terasa puegel dan cape banget, maklum setelah seharian penuh gw ngerampungin kerjaan yang sifatnya rutinitas (kuli). Untuk menghilangkan rasa puegel dan cape, gw keluar ruangan kantor dan duduk sambil menghisap sebatang sampe dua batang rokok.

Ga terasa waktu cepet bergerak, ternyata jarum jam sudah menunjukkan pukul 22.30 wib. Gw kembali lagi ke ruangan kerja untuk membereskan berkas-berkas yang berantakan dimeja kerja, mematikan komputer yang telah nemenin gw seharian penuh dan menutupnya dengan kain penutup.

Lega rasanya lihat meja kerja gw kembali rapi. Pulang ach…dah malem nih…gw bicara dalam hati gw. Setelah persiapan diri sudah lengkap termasuk deker (pelindung tangan dan kaki) yang selalu nempel di kedua lengan dan kaki, gw bergegas keluar gedung dan menuju ke lahan parkir yang ada di seberang gedung untuk menjumpai motor kesayangan gw si engger (tiger) dengan segala asesorisnya yang telah setia mengantar dan menunggu kemanapun gw pergi.

Sesampainya disana, engger gw hidupkan. Sementara sambil menunggu mesin engger panas gw memakai perlengkapan lagi —jaket dan helm— yang sengaja gw taro di atasnya engger. Setelah semuanya rapi dan engger dah mulai panas akhirnya gw tancap gas dan berlalu.

Keluar komplek perumahan (kantor) gw menuju jalan ke arah Grogol dan belok kanan ke arah jl. Panjang karena lokasi kantor ada di daerah Sumur Bor Cengkareng dan rumah ada di Depok.

Memasuki jl. Panjang Jakarta Barat

Setelah dan melewati perlintasan kereta dan memasuki jl. Panjang ternyata suasana jalan masih lumayan rame. Dengan kecepatan ±70 – 80 kpj dan melalui jalan yang melengkung dimana saat itu suasana jalan agak padat gw memaksa diri untuk ambil jalur kanan yang gw lihat kosong dan berusaha untuk menyalip mobil yang sedang melaju dan si engger gw paksa berlari dengan tujuan lekas sampe rumah dan istirahat. Tapi apa yang terjadi, gw bukannya cepet sampe rumah malah kejadian yang ga gw harapkan menimpa gw. Si engger nabrak pembatas pemisah jalan —jatuh —brak, gw terpelanting ke depan melewati si engger dan jatuh telungkup diatas pembatas jalan tersebut, jarak gw dengan si engger ± 3 meter. Beruntung gw masih selamat dan gw bersyukur kepada Allah yang masih melindungi gw dari bahaya, gw ga cedera apa-apa berkat deker yang gw pake. Beberapa pengguna motor yang ada dibelakang gw langsung berhenti dan menolong gw. Ada yang bantuin gw bangun, ada juga yang bantuin si engger yang tergelatak dengan cukup parah, ada juga yang membawakan box engger yang lepas dari breketnya dan ada juga yang bilang ngantuk mas….trus dia cabut….(rese amat tuh orang)…

Siengger yang malang

Berkat pertolongan dari beberapa pengguna motor saat itu, akhirnya si engger bisa digotong ke tepi jalan yang terang dan ga mengganggu lalu lintas. Dari beberapa penolong itu menawarkan jasa untuk dibawa ke bengkel didaerahnya. Gw menolak niat baiknya dengan nada yang bersahabat dan gw mengucapkan terimakasih karena sudah menolong gw. Setelah dirasa cukup akhirnya mereka berpamitan meninggalkan gw dan si engger. Handphone pun gw ambil dari tas pinggang dan mulai menelpon temen-temen yang tergabung dalam komunitas HTML JAKTIM dimana gw salah satu membernya.

Tut…tut…tut….klotrak
Gowwo : Haloo bro, gw kecelakaan kondisi gapapa, motor parah..
Temen HTML: Lokasi dimana, lu sama siapa..??
Gowwo : Gw di daerah jalan Panjang, persisnya dideket gedung Indovision
dan gw sendirian…
Temen HTML: Ya dah lu tunggu disitu dulu, gw coba kontek dengan HTML Barat.
Gowwo : Yup, Thxs.

Sambil menunggu kedatangan temen-temen HTML gw memeriksa kondisi fisik si engger yang lumayan parah. Velg Enkei Pecah, Shock breker depan keduanya bengkok, segitiga agak melintir, lampu depan baret dan kerusakan kecil lainnya. Lagi asyiknya memeriksa si engger HP bunyi, ternyata dari temen HTML JAKTIM….

Gowwo : Halo…
HTML : Wo…lu butuh apa aja tar gw meluncur…
Gowwo : Sementara ini gw butuh ban depan lengkap dengan velgnya, velg gw
pecah dang a bisa jalan…
HTML : Sip…lu tunggu yak, gw sekarang meluncur…
Gowwo : yup…

Gw pun menelpon adik ipar gw yang tergabung di Club ROC, yang hampir bersamaan dia dating dengan temen-temen HTML.

HP bunyi lagi, kali ini dari HTML JAKBAR…

Gowwo : Halo..
HTML : Wo…sekarang posisi dimana…
Gowwo : Gw di jalan panjang deket dengan gedung Indovisin…
HTML : Ya dah gw kesitu..
Gowwo : Thxs…

Setelah menunggu beberapa lama dan menghabiskan beberapa batang rokok akhirnya temen-temen HTML JAKTIM yang diwakili 2 orang datang dengan membawa ban depan lengkap dengan velgnya, dan memarkirkan motornya dengan rapi. Gw berdiri dan menghampiri mereka dan saling berjabat tangan tanda “brotherhood”. Percakapan pun berlangsung dari mulai nanya kejadian, kondisi gw dan motor. Ga lama kemudian temen-temen HTML JAKBAR berdatangan dengan pasukan yang lumayan banyak. Kami pun menyambut kedatangan mereka dan saling berjabat tangan satu sama lain.

Hmmm indahnya Brotherhood di HTML…

Ga disangka - sangka pertemuan yang ga diduga itu menambah tali silaturahmi yang erat bagi kita semua. Pertanyaan kembali terulang dari mereka, mulai pertanyaan kronologi kejadian sampe keadaan gw sendiri pun di tanya…

Setelah ngobrol ngalor ngidul akhirnya mereka pun membantu memasangkan ban depan pada si engger, alhasil si engger bisa berjalan meski ga sempurna. Wajar aja la wong kaki depannya aja bengkok….
Dirasa semua beres temen-temen dari HTML JAKBAR pun mengajak gw dan temen-temen dari HTML JAKTIM untuk mampir ke tempat kopdarnya yang letaknya lumayan cukup jauh dari tempat kejadian gw jatuh. Berangkatlah kita semua, kaya raja aja yah gw dikawal mereka hehehehehe…tapi itulah brotherhood….

Kopdar HTML JAKBAR

Kira 15 – 20 menit perjalanan akhirnya kami merapat ke kopdar HTML JAKBAR, dimana waktu itu jam sudah menunjukan pukul 24.05 wib dini hari. Meski sudah malem ternyata beberapa rekan masih ada yang kopdar. Kami pun memarkirkan motor dengan rapi. Kembali obrolan hangat terjadi. Lama sudah kami saling ngobrol kesana kesini akhirnya dengan berat hati kami pun (HTML JAKTIM) pamitan mengingat jarak tempuh yang lumayan jauh. Makasih banyak bro atas bantuannya….

Perjalanan Pulang

Setelah pamitan kamipun melanjutkan perjalanan menuju pulang. Dengan kawalan temen HTML JAKTIM gw pulang melewati jalur jl. Panjang menuju Depok. Kami berpisah di daerah…aduh gw lupa namanya…pokoknya mereka ke arah blok M dan gw kearah PI. Tet Tot…tanda perpisahan kami…..

Karena sudah sangat malem dan kondisi si engger yang lagi sakit akibat jatuh, gw dan siengger lari sangat pelan dengan diteani adik gw sendiri menuju Rumah. Alhamdulillah selama perjalanan pulang ga ada kejadian yang aneh.

Sampe Rumah

Jam 02.25 wib gw tiba dirumah. Gw berdirikan si engger dan istirahat di bangku depan rumah sambil gw liatin si engger yang luka parah. Karena waktu terus berjalan dan rasa ngantuk ya capek ga bisa diajak kompromi, si engger gw masukkan kandang dan gw akhirnya bisa istirahat karena siang nanti gw harus lari kebengkel untuk membetulkan si engger.

Tiba dibengkel

Sebelum kebengkel pagi itu gw ijin ga masuk kantor. Kejadian yang menimpa gw malam itu gw certain ke pihak kantor dan mereka memberi ijin untuk istirahat. Setalah telpon kantor gw membawa siengger ke bengkel langganan gw untuk di operasi.

Hampir satu hari si enger dioperasi dan gw pun dengan sabar menunggu. Gw tertidur untuk menghilangkan rasa bete nunggu operasian si engger. Brum….brum…brum…suara khas engger membangunkan tidur gw. Trentententen….ternyata operasiannya berjalan dengan sangan lancar dan hasilnya pun sungguh sanggat menggembirakan, ga sabar rasanya pengen ngetes taampilan baru si engger. Berhitung ongkos biaya operasi —bayar dan tancap…. Waw…uenak tenan rasanya….si engger sekarang sudah sembuh dan siap tempur lagi….

Rabu, September 05, 2007

Jangan Anaktirikan Bikers!

Jumlah pengendara Tanah Air tiap tahun terus membengkak. Kecenderungan ini makin terlihat ketika lebaran tiba. Banyak bikers memanfaatkan motor untuk mudik.

Di saat bikers mempersiapkan segala sesuatunya untuk mudik Lebaran 1 Syawal 1427 H lalu, eh ada anggapan kalau roda dua itu biang kerok semrawutnya jalan raya. Bahkan muncul desakan kebijakan menyudutkan pengguna motor. Malah ada anggota DPR RI melontarkan pelarangan mudik naik motor di sebuah media elektronik. Walah!

“Sangat tidak bijak dan tidak mendasar. Sama sekali tidak memberi solusi. Kami warga negara sama-sama bayar pajak. Jadi, jangan anaktirikan bikers atau selalu disalahkan,” jelas Muchrodin alias Didiet, pentolan King Club Djakarta (KCDj).

Kalau mau jujur, semrawutnya jalan bukan melulu akibat banyaknya pengguna motor. “Banyak faktor. Di antaranya, keterbatasan sarana dan prasarana transportasi. Enggak heran kalau pengguna motor ambil inisiatif manfaatkan motor untuk jalan jauh termasuk mudik,” tambah M. Rusli, aktivis NSR Club, yang sering mudik naik motor ke Jogja.

Persamaan hak dan kewajiban bisa dilihat dari sumbangan pemilik motor ke negara. Hitung saja pajak yang notabene kewajiban yang harus dibayar ke negara. Berdasarkan data AISI jumlah motor beredar di Indonesia mencapai sekitar 24 juta lebih.

Ambil rata saja satu motor menyumbang Rp 50 ribu untuk pajak kendaraan. Hitung sendiri berapa kocek yang dikeluarkan pengendara untuk negara? “Mestinya bikers punya hak sama dengan pengguna jalan lain. Itu mesti diperjuangkan wakil rakyat. Bukan malah melarang,” tambah Didiet.

Kalaupun ada oknum bikersyang ugal-ugalan, sebenarnya itu bisa diatasi. “Lewat pembinaan dan pengaturan yang jadi tugas aparat Kepolisian. Juga bisa lewat klub yang punya kontribusi positif,” saran Indro Warkop pehobi motor gede.

Gejala ramai-ramai jadi bikersseharusnya justru jadi ukuran kemampuan bangsa kita secara umum. “Terbukti mayoritas baru bisa beli motor. Jangan disalahkan dong, kemampuan memang segitu. Malah, ini bukti rakyat berinisiatif bersusah-payah naik motor demi pengiritan,” lanjut Rusli lagi.

Indro Warkop menambahkan. “Kalau asal melarang itu arogan. Mestinya tugas dewan atau pemerintah melindungi rakyatnya, bukan membatasi. Kan bikerswajib pajak juga. Jangan kewajibannya doang yang dituntut tapi haknya dibatasi,” kata komedian yang maniak Harley-Davidson itu.

Paling tepat langkah jempolan yang dilakukan Polri dan Departemen Perhubungan. Kedua lembaga pemerintah ini mengatur gimana agar perjalanan berjalan lancar. Bikersaman, pengendara lain juga nyaman. Misal dengan pengawalan dan konsentrasi pemberangkatan, serta pengaturan safety selama di perjalanan.

Jadi, bukan sembarang main larang!


Reporter : Sugeng Budiarto
Fotografer : Heri Riswanto
sumber: www.motorplus-online.com